https://timika.times.co.id/
Ekonomi

Harga Kelapa Sawit Turun Akibat Melemahnya Kurs Rupiah

Sabtu, 02 Maret 2024 - 14:58
Harga Kelapa Sawit  Turun Akibat Melemahnya Kurs Rupiah Perkebunan Kelapa Sawit (Foto: SPKS)

TIMES TIMIKA, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag RI) mengumumkan bahwa harga referensi (HR) komoditas minyak kelapa sawit (CPO) telah merosot menjadi 798,90 dolar AS per metrik ton (MT) akibat dari pelemahan tajam kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Budi Santoso, harga CPO untuk penetapan bea keluar (BK) pada Maret 2024 ini mengalami penurunan sebesar 0,93 persen dari periode sebelumnya yang mencapai 806,40 dolar AS per MT.

"Peningkatan HR CPO ini dipicu oleh penurunan harga minyak nabati lainnya terutama kedelai (soybean) serta pelemahan kurs rupiah terhadap dolar AS," ujar Budi dalam keterangan resminya di Jakarta.

Budi juga mengungkapkan bahwa saat ini, HR minyak kelapa sawit hampir mendekati ambang batas, yaitu sebesar 680 dolar per MT. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan yang berlaku, pemerintah menetapkan BK minyak kelapa sawit sebesar 33 dolar AS per MT dan pungutan ekspor (PE) minyak kelapa sawit sebesar 85 dolar AS per MT untuk periode 1-31 Maret 2024.

Penetapan HR CPO didasarkan pada rata-rata harga periode 25 Januari-24 Februari 2024 pada bursa CPO di Indonesia sebesar 773,31 dolar AS per MT, Malaysia sebesar 824,49 dolar AS per MT, dan Pasar Lelang CPO Rotterdam sebesar 898,70 dolar AS per MT.

Sementara itu, untuk minyak goreng (refined, bleached, and deodorized/RBD palm olein) dalam kemasan bermerek dengan berat netto ≤ 25 kg, tidak dikenakan BK, sesuai dengan Keputusan Menteri Perdagangan Nomor 200 Tahun 2024 tentang Daftar Merek Refined, Bleached, and Deodorized (RBD) Palm Olein dalam Kemasan Bermerek dan Dikemas dengan Berat Netto ≤ 25 kg.(*)

Pewarta : Antara
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Timika just now

Welcome to TIMES Timika

TIMES Timika is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.