https://timika.times.co.id/
Ekonomi

Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar Siap Mendarat di Lombok Barat Pertengahan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024 - 15:58
Ribuan Wisatawan Kapal Pesiar Siap Mendarat di Lombok Barat Pertengahan Maret 2024 Kapal pesiar saat sandar di Pelabuhan Gilimas, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB, Sabtu (9/3/2024). (FOTO: ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Barat)

TIMES TIMIKA, MATARAM – Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengumumkan kedatangan ribuan wisatawan yang menggunakan kapal pesiar dijadwalkan untuk tiba di Lombok melalui Pelabuhan Gilimas, Kecamatan Lembar, pada pertengahan Maret 2024.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Fajar Taufik, Sabtu (9/3/2024), kapal pesiar Seaborn Oddysey akan sandar di Pelabuhan Gili Mas pada tanggal 11, 13, dan 19 Maret 2024.

Fajar menambahkan, Maret ini menjadi bulan tersibuk dengan kedatangan kapal pesiar di Lombok Barat. Sebelumnya, kapal pesiar dari Bahamas, Ambience, juga bersandar di Pelabuhan Gilimas membawa 1.000 penumpang dan 450 kru.

Para wisatawan tersebut dijadwalkan untuk menjelajahi sejumlah destinasi wisata yang ada di Lombok Barat, termasuk Taman Lingsar, Taman Narmada, Pasar Seni Sesela, Senggigi, dan destinasi wisata di Mandalika. "Dari Januari hingga saat ini, sudah ada 6 kapal pesiar yang bersandar dari total 25 kapal pesiar yang direncanakan akan bersandar di Pelabuhan Gilimas," ungkapnya.

Fajar Taufik berharap kedatangan ribuan wisatawan ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak, terutama pelaku pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), untuk meningkatkan pendapatan. Kedatangan mereka harus dimanfaatkan secara positif agar citra pariwisata Lombok tetap terjaga.

Terkait dengan destinasi wisata yang akan dikunjungi oleh wisatawan, Fajar Taufik mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan tur operator untuk menawarkan destinasi-destinasi wisata yang ada di Lombok Barat. Karena waktu kunjungan kapal pesiar relatif singkat, pihaknya menawarkan tempat-tempat wisata yang mudah dijangkau di Lombok.

Kedatangan ribuan wisatawan dengan menggunakan kapal pesiar ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan, serta memberikan pengalaman berwisata yang berkesan bagi para pengunjung. (*)

 

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Timika just now

Welcome to TIMES Timika

TIMES Timika is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.